KH Drs  Sunardi Djoko Santoso, MM Terpilih Jadi Ketua FKPM Dai Kamtibmas Jateng

SEMARANG — Dirbinmas Polda Jateng  mengundang tiga ormas keagamaan besar di Jateng, diantaranya LDII, Muhamadiyah dan NU untuk membentuk  formatur FKPM (Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat) Dai Kamtibmas dalam wilayah hukum Polda Jateng, Kamis (6/8/2020).

Adapun tujuan dibentuknya FKPM Dai Kamtibmas adalah guna membantu memecahkan berbagai masalah yang timbul dalam lingkup masyarakat, sehingga masalah masalah tersebut bisa tereliminir dan tidak sampai ke ranah hukum.

Dalam pembentukan formatur terpilih menjadi Ketua Umum FKPM Jateng KH Drs  Sunardi Djoko Santoso, MM (dari perwakilan DPW LDII), sebagai Ketua I, KH Dr. Hasan Asy’ary Ulamai, M.Ag (PW Muhammadiyah) dan Ketua II, KH. Nur Akhlis, Lc. M.Pd (PW NU).

Dalam sambutannya, Dirbinmas Polda Jateng Komisaris Besar Polisi Lafri Prasetiyono, SIK memberikan arahan bahwa dalam menghadapi potensi gangguan yang muncul di dalam masyarakat terutama dalam bidang Kamtibmas,

“Maka diperlukan untuk menggandeng beberapa ormas Islam di Jawa Tengah bersama Polri untuk membentuk Da’i Kamtibmas,” ujarnya.

Pembentukan FKPM Dai kantibmas Polda Jateng di Dirbinmas Polda Jateng

Menurut Kombes Lafri  bahwa Dai Kamtibmas diharapkan bisa memberi pencerahan berupa nasehat atau ceramah keagamaan yang santun dengan bahasa yang baik, sehingga bisa meningkatkan keharmonisan dalam kedihupan beragama dalam masyarakat.

Ketua FKPM Jateng, Sunardi Djoko Santoso menambahkan FKPM Dai Kamtibmas Jateng  diharapkan bisa memiliki program-program yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga negara bisa efisien anggaran.

Dia menjelaskan tujuan pembentukan FKPM ini untuk kamtibmas yang kondusif di wilayahnya dengan cara memberi pendapat dan saran kepada Polri secara timbal balik.

Selain itu, ujar dia, forum ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum secara aktif membantu mencegah dan mengatasi tejadinya pelanggaran di wilayah kelurahan atau desa.

“Jika FKPM Dai Kamtibmas mampu melakukan tindakan preventif, masyarakat tidak perlu mengajukan masalah ke ranah hukum, korupsi juga berkurang,” kata Sunardi

Rencananya pengukuhan FKPM Da’i Kamtibmas Jateng ini akan dilaksanakan di Hotel Quest, 27 Agustus mendatang. (ewn)