Raih Kemenangan dengan 5 Sukses Ramadan

 

LINES.id – Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Bulan yang paling mulia diantara bulan lainnya. Banyak keutamaan dan kerahmatan yang diturunkan oleh Allah SWT didalam bulan Ramadan. Diantaranya pahala dilipatgandakan, dihapusnya semua dosa dan diselamatkannya banyak manusia dari api neraka.

Dibulan Ramadan, pintu surga dibuka seluas-luasnya, para setan dan jin dibelenggu dan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Bulan Ramadan juga memiliki keutamaan dimana seseorang yang beribadah didalamnya, maka pahalanya lebih baik daripada beribadah selama 1000 bulan, atau sering disebut dengan Lailatul Qodar.

Itulah kenapa umat muslim berlomba-lomba mencari pahala dan derajat setinggi-tingginya saat datang bulan Ramadan. Dalam bulan Ramadan ada 5 jenis ibadah yang menjadi prioritas orang Islam agar dapat melewati bulan Ramadan dengan penuh rasa kemenangan.

Yakni 5 sukses Ramadan yang sering digaungkan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Bertujuan membimbing umat Islam agar dapat meraih keutamaan bulan Ramadan dengan penuh semangat dalam beribadah.

Sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW bahwa, rugi sekali bagi orang yang menjumpai bulan Ramadan namun dosa-dosanya tidak diampuni karena kelalaiannya.

1.Sukses Puasa

Puasa Ramadan adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh semua umat Islam. Bahkan Jika orang Islam tidak bisa mengerjakan puasa saat ramadan karena suatu halangan seperti dalam bepergian jauh maupun sedang sakit, maka Ia diwajibkan untuk mengganti puasa dilain waktu.

Puasa memiliki keutamaan yang sangat besar, dimana seseorang yang sukses menjalankan puasa sebulan penuh, maka semua dosa-dosa nya diampuni oleh Allah SWT. Jadi sangat rugi bagi kita jika melewatkan keutamaan puasa ini.

Adapun yang harus diperhatikan dalam menjalankan puasa adalah bagaimana kita dapat menjaga nafsu kita agar terhindar dari perbuatan jahat, karena puasa tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar. Namun kita juga dituntut untuk menghindari perbuatan tercela seperti marah-marah, berbohong, menipu, menahan hawa nafsu, menahan birahi dll.

2.Sukses Salat Tarawih

Salat tarawih adalah salat sunah yang dikerjakan di malam bulan Ramadan. Meskipun salat tarawih dapat dikerjakan secara sendirian, namun umumnya masyarakat Indonesia mengerjakan Salat tarawih secara berjamaah di masjid.

Di bulan Ramadan, Salat tarawih menjadi spesial karena memiliki keutamaan yang sama seperti puasa. Yaitu barang siapa yang berdiri untuk salat malam di bulan Ramadan karena iman dan mengharap dari Allah, maka diampuni semua dosa-dosanya.

Jadi untuk kita yang memiliki waktu luang dan sehat jasmani tentunya sangat disayangkan jika kita meninggalkan salat tarawih karena kita akan kehilangan keutamaannya.

3.Sukses Membaca Alquran

Sukses Ramadan yang ketiga adalah sukses membaca Alquran hingga khatam. Membaca Alquran saat bulan Ramadan adalah momen yang paling dirindukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dimana Ia melakukan tadarusan dengan malaikat Jibril hingga beberapa kali menghatamkan membaca Alquran dalam satu bulan.

Sebagai umat Nabi Muhammad tentunya kita juga ingin mengikuti jejaknya untuk dapat menghatamkan membaca Alquran dibulan Ramadan. Minimal satu kali khatam dalam satu bulan.

4.Sukses Lailatul Qodar

Lailatul Qodar adalah malam yang pangkat, atau biasa kita sebut dengan malam seribu bulan. Lailatu qodar adalah sebuah anugerah yang diberikan hanya kepada umat Nabi Muhammad dan tidak diberikan kepada nabi dan kaum sebelum Nabi Muhammad.

Keutamaan lailatul qodar adalah barang siapa yang beribadah dimalam lailatul qodar maka kebaikannya/pahalanya lebih baik daripada beribadah selama 1000 bulan diluar lailatul qodar.

Menurut kisah, saat Nabi Muhammad ingin menyampaikan kapan turunnya lailatul qodar ada 2 orang yang bertengkar, lalu nabi melerai hingga Nabi Muhammad dilupakan kapan (malam ke berapa) turunnya lailatul qodar. Hingga Nabi Muhammad memberi petunjuk kepada kita semua bahwa turunnya lailatul qodar diantara 10 malam yang akhir dibulan Ramadan.

5.Sukses Zakat Fitrah

Zakat Fitrah menjadi amalan Ibadah yang harus disukseskan dalam bulan Ramadhan. Karena dalam sebuah hadits dijelaskan, pengamalan umat manusia yang dikerjakan selama bulan Ramadhan masih mengambang diantara langit dan bumi, akan sampai kepada Allah SWT ketika menunaikan zakat fitrah.

Zakat adalah kewajiban yang harus dikerjakan oleh semua umat Islam. Baik itu seorang budak atau merdeka, baik pria maupun wanita, baik tua maupun kecil, baik kaya maupun miskin. Semua berkewajiban untuk mendatangkan zakat fitrah.

Ketentuan zakat fitrah adalah 1 sho’ atau 2,7-3 kg bahan makanan pokok. Jika di negara Arab, umumnya memberikan zakat dalam bentuk gandum atau kurma. Karena umumnya orang arab menjadikan gandum dan kurma sebagai bahan makanan pokok. Sementara di Indonesia, umumnya mengonsumsi beras sebagai bahan pokok.