Peran Ilmuwan dan Sains Islam Dalam Membentuk Peradaban Dunia (1)

Prakata

Mulai hari ini, kami akan menyajikan tulisan sejarah Ilmuwan dan Sains Islam mulai dari abad pertengahan sampai dinasti terakhir di masa Dinasti Turki Ottoman yang menguasai hampir 1/3 dunia sebagai puncak jaman kejayaan peradaban Islam. Mudah-mudahan para pengunjung website LDII dapat menarik pelajaran penting mengenai ilmu pengetahuan dan sains yang ternyata sangat berkembang dimasa-masa dinasti kerajaan Islam di masa lalu. Tulisan ini disadur dari berbagai buku sejarah ilmuwan Islam terkenal termasuk buku berjudul ‘LIGHT FROM THE EAST, HOW ISLAMIC SCIENCE HELPED SHAPE THE WESTERN WORLD” karya John Freely.

 

Masjid Sulaiman di Istambul (Turki) yang dibangun antara tahun 1550-1556 oleh seorang arsitek terkenal bernama Sinan adalah sebuah monumen budaya Islam paling megah yang dibangun semasa kepemimpinan Sultan Sulaiman Yang Agung untuk memperindah bekas ibukota Kerajaaan Turki Ottoman itu.

Masjid tersebut berupa sebuah kompleks luas yang menjadi pusat hampir sebanyak setengah lusin madrasah sebagai pondasi pendidikan agama, juga ada rumah sakit, balai makan, pondok penginapan atau yang disebut caravanserai, sekolah dasar, pemandian umum, pasar dan juga makam Sultan Sulaiman dan istrinya Roxelana.

Bangsa Turki Ottoman mencapai puncak kejayaan dibawah Sultan Sulaiman yang berkuasa dari tahun 1520 sampai 1566, dimana kerajaannya merentang dari sungai Danube sampai ke sungani Nil di mesir, dan dari sisi barat laut Mediterania melewati kawasan Timur tengah. Kesultanan mereka bertahan sampai tahun 1923, merupakan yang terakhir dari kerajaan Muslim paling termahsyur yang muncul dengan bangkitnya Islam di abad ke-17.

Banyak bagunan-bangunan di kompleks tersebut saaat ini sudah dirubah fungsinya, misalnya balai makan yang sekarang sudah diubah menjadi restoran yang khusus menyajikan kuliner pada jaman kerajaan Ottoman. Salah satu madrasahnya sudah menjadi perpustakaan dimana skriptoriumnya menyimpan ribuan manuskrip yang banyak diantaranya merupakan karya di bidang sains Ilmuwan Islam di abad pertengahan. Sangat banyak karya ilmuwan Islam di bidang filsafat, fisika, matematika, astronomi, kedokteran, geografi, alkemi (kimia). Kebanyakan dari manuskrip-manuskrip tersebut berasal dari abad ke-9 sampai abad ke 12 yang silam, yang merupakan zaman keemasan sains Islam. (WD)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *