Kenapa Bintang Kelap-Kelip

Selain planet, benda yang sering kita lihat dimalam hari yaitu bintang. Jika kita perhatikan, bintang akan berkelap kelip dimalam hari. Adakah yang penasaran, kenapa bintang bisa berkelap-kelip?? Bintang berkelap-kelip karena ada pembiasan cahaya dari atmosfir bumi.

Menurut Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, sebenarnya bintang juga memancarkan cahaya konstan seperti halnya matahari. Tapi karena memasuki atmosfir, cahaya dari bintang kemudian dibiaskan. Karena atmosfir tidak merata,  dan adanya turbulensi yang disebabkan oleh angin maka kemudian cahaya bintang dibelok-belokkan secara tidak teratur. Sehingga kita yang ada di bumi melihat bintang seperti berkelap-kelip.

Bintang terbentuk dari nebula atau disebut “awan antar bintang” yang menjadi padat dan memanas. Di dalam bintang terjadi reaksi nuklir yakni reaksi antara atom hidrogen dengan atom hidrogen yang akan menghasilkan helium. Karena reaksi nuklir tersebut bintang menghasilkan cahaya.

Bintang memiliki energi untuk bisa menghasilkan energinya sendiri. Tetapi energi bintang juga bisa habis loh, sama seperti makhluk hidup yang lain. Ketika energi bintang sudah habis, maka bintang akan meledak. Ledakan ini disebut dengan “Supernova”. Debu hasil supernova inilah yang nantinya akan menjadi nebula dan membentuk bintang baru. Semoga Bermanfaat.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *